15 Maret 2022

Bandara Juanda Dibuka Untuk Perjalanan Internasional, Gubernur Khofifah Lepas Jamaah Umrah

Surabaya - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melepas jamaah umrah ke tanah suci Selasa (15/3/2022) pagi. Pelepasan digelar setelah Bandara Internasional Juanda Surabaya mulai dibuka untuk perjalanan internasional sejak Senin (14/3/2022) kemarin.

Penerbangan tanpa transit (direct flight) dari Juanda ke Madinah ini menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA9848 dengan jumlah penumpang sebanyak 220 jamaah. Sehari sebelumnya, sebanyak 392 penumpang atau jamaah Ibadah Umroh juga telah berangkat dari Bandara Juanda menggunakan maskapai Lion Air.

Gubernur Khofifah berpesan agar para jamaah selama di tanah suci tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat agar terhindar dari Covid-19.

"Jadi semuanya harus bersinergi untuk bisa memberangkatkan, menyelenggarakan, dan sampai kepulangan semua dalam keadaan sehat, selamat, dan lancar. Apalagi ini keberangkatan umroh setelah kurang lebih dua tahun tertunda karena pandemi Covid-19, katanya.

Direktur Teknik Garuda Indonesia Rahmad Hanafi menambahkan, pengoperasian kembali penerbangan umroh di era kenormalan baru ini menjadi jawaban atas kerinduan masyarakat Muslim di seluruh penjuru Nusantara, yang telah lama menantikan kesempatan untuk beribadah di Tanah Suci.

Penerbangan umrah perdana Garuda Indonesia dengan rute Surabaya Madinah ini dilaksanakan secara direct menggunakan pesawat A330-300 dengan nomor penerbangan GA9848.

Meskipun proses ketentuan karantina saat ini sudah tidak diberlakukan, namun pada pelaksanaan operasional penerbangan, sesuai dengan core value kami, Garuda Indonesia tetap fokus mengadaptasi layanan yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan para penumpangnya khususnya pada empat aspek utama yaitu keamanan, keselamatan, kenyamanan, dan kesehatan, pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, jamaah umrah yang akan berangkat ke tanah suci sebagaimana kebijakan pemerintah setempat tidak diwajibkan syarat tes PCR.

Namun setelah pulang, sebagaimana kebiajakan pemerintah di sini, wajib melakukan tes PCR di Bandara Internasional Juanda. "Jika ada yang positif Covid-19, kita siapkan 27 hotel di sekitar bandara Juanda dengan 1.299 tempat tidur untuk karantina," jelas Khofifah. (Red)

Kantor Pusat

Jl. Ahmad Yani No. 268 Surabaya
(031) 8292276, 8291530
(031) 8292012
dishubllajjatim@gmail.com

Link

Link

Medsos

Di Kelola Oleh Sekretariat Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur
DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI JAWA TIMUR
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram